Pengetahuan adalah  satu-satunya aset  perusahaan yang  dapat menciptakan nilai  tambah  bagi  pelanggan. Melalui  inovasi  produk atau sistem-manajemen perusahaan, pelanggan mendapatkan produk  atau pelayanan yang lebih cepat, murah, dan berkualitas. Buku ini mengawali  pembahasan tentang pentingnya pengetahuan tersebut.  Tanpa  pengelolaan pengetahuan yang  baik, banyak perusahaan raksasa yang bangkrut karena tidak berinovasi. Mereka tertinggal dari perusahaan-perusahaan baru yang lebih inovatif.

Knowledge management (KM) adalah  disiplin atau paradigma manajemen baru  yang  menciptakan, menyimpan,  mendistribusikan, dan  menggunakan pengetahuan untuk  melahirkan  inovasi dan/atau  produktivitas sehingga  perusahaan  mampu   bersaing dan bertumbuh secara berkelanjutan di era disrupsi. Namun, mengingat pengetahuan adalah  aset  intangible  (tidak berwujud dan sulit dinilai), banyak CEO perusahaan kesulitan  untuk mengaplikasikan   KM, bahkan  kebanyakan mereka  tidak  paham  dari mana dan bagaimana harus memulainya.

Dibandingkan dengan  negara-negara di ASEAN/Asia, aplikasi KM di perusahaan atau lembaga pemerintahan di Indonesia relatif tertinggal.  Pertumbuhan ekonomi  Indonesia yang lebih mengandalkan sumber daya alam (resources-based economy [RBE]) relatif tertinggal dibandingkan dengan   pertumbuhan ekonomi  Singapura  atau  Korea Selatan  yang  mengandalkan aset  pengetahuan (knowledge-based economy [KBE]).

Knowledge   Management:   Strategi   Mengelola   Pengetahuan agar  Unggul  di Era Disrupsi  sangat  mencerahkan dan  mampu meningkatkan keyakinan  para  CEO atau  praktisi  KM untuk  me- mahami  konsep  KM (khususnya detail-detail  yang  harus  diperhatikan),  teknik (technology/tools),  dan metodologi  pelaksanaannya. Buku karya Bobby Andre Andhara,  Faiza Ratna Umaro, dan Chandra  Haris Tua Lubis ini dapat  menjadi referensi  utama  bagi para  praktisi  KM. Dan, semoga  buku  ini makin  menumbuhkan semangat untuk  menyukseskan aplikasi  KM di perusahaan atau lembaga Anda.


—Prof. Dr. Ir. Jann Hidajat Tjakraamadja M.Eng.
Presiden KM Society Indonesia; Profesor KM, SBM-ITB


Ketiga penulis buku ini saya kenal secara pribadi. Pengetahuan, pengalaman, dan  dedikasi  mereka  dalam  membangun knowledge management terefleksikan dengan sangat gamblang dalam buku ini.Knowledge Management wajib dimiliki dan layak menjadi  salah satu acuan utama, baik bagi yang berada di dunia pendidikan maupun  korporasi. Selamat menikmati  isi buku ini dengan  gairah milenial!


—Sulis Usdoko
Bankir; Direktur MSDM, Umum dan Kepatuhan Perum Jamkrindo


Dalam  buku  ini, pembaca  diajak untuk  mempelajari  filosofi belajar, memahami pengetahuan dengan  lebih baik, dan mengelola pengetahuan di perusahaan, untuk lebih siap menghadapi era disrupsi.  Knowledge Management sangat  bermanfaat bagi individu, karyawan,  dan  perusahaan yang  mengembangkan pengelolaan pengetahuan di era Revolusi Industri 4.0. Saya  sangat  menghargai usaha  dan  kontribusi  para  penulis buku  ini. Selamat  dan  terus  kobarkan  semangat pembelajaran perusahaan.


—Nina Kurnia Dewi
Direktur Keuangan MSDM dan Umum Perum LKBN Antara


Knowledge Management merupakan referensi yang baik bagi mereka yang ingin memahami bagaimana mengelola  knowledge management  di era  disrupsi.  Buku ini ditulis  dengan  bahasa  yang mudah dipahami  oleh penulis yang sangat berpengalaman.


—Dr. Pardomuan Sihombing
Direktur Keuangan dan SDM Poduksi Film Negara/PFN


Knowledge management bertujuan  untuk  meningkatkan produktivitas karyawan. Buku ini bisa menjadi gambaran bagaimana perusahaan dapat  mengelola  dan memanfaatkan ilmu pengetahuan atau aset informasi demi kemajuan perusahaan.


—Arman Sutedja Direktur dan Corporate Secretary PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk.


Organisasi dapat  diibaratkan sebagai  makhluk hidup yang membutuhkan tumbuh  kembang  dalam  menghadapi persoalan  kehidupan. Buku ini mengajak pembaca menggunakan knowledge management sebagai  salah satu problem solver dalam beradaptasi dengan  lingkungan bisnis yang sangat kompetitif.


—Anggara Hans Prawira, M.M., M.B.A.
Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.


Menarik  untuk  dicermati  bahwa  banyak  perusahaan belum  mengenal  knowledge  management. Buku ini membahas  knowledge management dari  berbagai  teori, tools, dan  pelaksanaannya, dengan bahasa yang mudah dipahami. Semoga dengan  membaca  buku ini, makin banyak perusahaan di  Indonesia yang  mengadopsi  knowledge  management untuk mengantisipasi gerak cepat perubahan di era disrupsi ini.


—Nelwin Aldriansyah, S.E., M.B.A.
Direktur Investment  Banking, Bahana Sekuritas


Tuntutan menjalankan bisnis banyak berubah seiring ‘batas dunia’ yang  hilang,  perubahan yang  sangat  pesat,  dan  disrupsi.  Buku ini  memberi  kita  pencerahan bahwa  ilmu  pengetahuan adalah variabel asset yang sangat  penting bagi perusahaan untuk menjaga eksistensi,  meningkatkan kompetensi,  serta  mempertahankan value-nya.


—Lies Permana Lestari, S.E., M.M.
Direktur Retail Sarinah