Hi Curious People! Tahukan Anda, ada 5 tingkatan INTERNALISASI KNOWLEDGE

Dalam bukunya,  "People-Focused Knowledge Management: How Effective Decision Making Leads to Corporate Success", Karl Wiig menyebutkan bahwa ada lima tingkatan dalam internalisasi knowledge, yaitu
1. novice,
2. beginner,
3. competent,
4. expert, dan
5. master.

Mari kita bahas sekilas satu persatu

1. Novice.
Pada tahap  ini, anggota organisasi atau karyawan memiliki kesadaran yang  sangat  rendah  atau  sama  sekali (tidak  menyadari) akan keberadaan knowledge di sekitarnya  dan tidak mengetahui bagaimana cara  memanfaatkannya.

2. Beginner
Pada tahap ini, karyawan sudah mengetahui keberadaan knowledge  yang  berguna dan mengetahui di mana  memperolehnya, tetapi tidak mengetahui bagaimana memanfaatkannya. Misalnya,  seorang  karyawan  ditempatkan di sebuah  unit kerja dan mengetahui bahwa di tempat  tersebut terdapat ilmu pengetahuan yang  bermanfaat.  Akan tetapi, karena tidak mendapatkan akses atau bimbingan,  karyawan tersebut  tidak  dapat mengaplikasikannya dalam  pekerjaan sehari-hari.

3. Competent
Pada  tahap  ini,  karyawan  sudah  mengetahui keberadaan knowledge  yang  bermanfaat dan  sudah  dapat  memanfaatkannya, walau dalam kapasitas yang terbatas.

4. Expert
Pada tahap ini, karyawan sudah menjadi ahli dalam keteram pilan yang dibutuhkan perusahaan. Sudah dapat  mengaplikasikan  keahlian  kepada  orang  lain, tidak hanya  di sekitarnya, tetapi juga di mana saja knowledge tersebut dibutuhkan. Karyawan tersebut  juga dapat  mengevaluasi dan membuat karya serta menginisiasi dan memimpin  sebuah project yang bermanfaat.

5. Master
Karena pemahaman yang mendalam, pada tahap ini seorang karyawan sudah dapat mengembangkan knowledge yang didapatkan.  Selain mengevaluasi dan menganalisis, karyawan tersebut  bahkan  juga dapat  membuat  konsep-konsep baru untuk diaplikasikan.

Demikian sekilas mengenai 5 tingkatan internalisasi knowledge. Sampai jumpa lagi!