Hai Curios People! Tahukah Anda? Menurut Karl Wiig, seorang pakar KM mengatakan bahwa pengetahuan bisa dibagi berdasarkan bentuk dan jenis nya.

Adapun Bentuk Knowledge yang pertama adalah
a.  Public. Public knowledge ini adalah pengetahuan yang tersedia secara umum. Dalam  hal ini, pengetahuan yang bersifat  explicit. 

Yang kedua adalah 
b.  Shared expertise. Pengetahuan ini melekat pada seseorang yang disebut  “ahli” atau “expert” pada bidang tertentu.  Biasanya  bentuk  pengetahuan ini beredar  dalam  sebuah  komunitas yang  tertarik  pada bidang- bidang tertentu.

Yang ketiga adalah
c.  Personal knowledge. Knowledge ini merupakan jenis pengetahuan yang bersifat tacit, melekat  dalam  diri seseorang, dan sering digunakan dalam  kehidupan sehari-hari  atau  pekerjaan rutin.

Lalu bagaimana dengan jenis nya? jenis yang pertama adalah
a.  Factual. Knowledge ini berkaitan erat dengan data-data, pengukuran, dan hal-hal lain yang bisa diverifikasi keberadaannya.
Yang kedua adalah
b.  Conceptual. Knowledge ini merupakan pengetahuan  yang  konseptual, terkait  tata  aturan  tertentu,  atau  mengenai sistematika tertentu, mengidentifikasi pola atau hubungan yang tidak nampak dengan jelas.

yang ketiga adalah
c.  Expectational, yaitu pengetahuan yang bersifat hipotesis. Hal ini merupakan hasil dari pengalaman yang panjang sehingga tidak jarang pengetahuan jenis ini bersifat intuitif.

dan yang terakhir adalah
d.  Methodological. Knowledge ini  merupakan bentuk  pengetahuan yang paling  kompleks  karena  melibatkan  strategi  dan teknik pengambilan keputusan.  Dalam methodological, penge- tahuan dibangun atas konsep dasar logika yang kuat dan berdasarkan hasil pengamatan pada masa lalu sehingga mampu memprediksi kejadian pada masa mendatang.

 

Demikian Curious People! Jgn lupa like dan subscribe channel kami